Patriot Abad 21, Unggul dalam Persaingan Global


"Patriot Abad 21: Unggul dalam Persaingan Global", demikianlah judul materi yang disampaikan oleh Bapak Agus Harimurti Yudhoyono, MSc, MPA, MA pada Studium General 2019 Euro Management Indonesia,  Selasa 19 Nopember 2019 bertempat di Auditorium Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jl. Medan Merdeka Selatan - Jakarta. 


Ayah seorang Putri bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono yang lebih dikenal dengan sapaan AHY ini merupakan direktur eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) dan founder AHY Foundation. Sebelumnya, berkarir sebagai militer profesional di TNI selama 16 tahun.  

Beliau merupakan lulusan Nanyang Technological University, Havard University bidang Administrasi Publik, serta lulusan Webster University - Amerika Serikat, dengan predikat summa cumlaude. Kini aktif berkeliling Nusantara serta Manca Negara dalam rangka kegiatan sosial dan pendidikan. serta menjadi pembicara di forum-forum nasional dan internasional. Pemikirannya banyak dituangkan dalam bentuk tulisan yang dipublikasikan di berbagai media di Tanah Air dan Manca Negara. 

Sebagai seseorang yang pernah mengecap pendidikan S2 di luar negeri hingga meraih tiga gelar master degree, AHY sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Euro Management Indonesia, sebagai konsultan persiapan calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di luar negeri.
Peserta begitu terpesona, mendengarkan narasi yang disampaikan AHY
Menurut AHY, ada tiga sikap yang harus dimiliki anak muda dalam menghadapi era industri 4.0 dan masyarakat 5.0, yaitu: kapasitas intelektual, karakter dan integritas serta kepemimpinan, karena tingkat persaingan atau kompetisi yang akan mereka hadapi semakin keras.

Selain itu, sebagai generasi milenial, anak muda jaman now juga harus memiliki tiga ketrampilan, yaitu: ketrampilan belajar (learning skills), ketrampilan literasi (literacy skills) dan ketrampilan hidup (live skills)

Ketrampilan Belajar berupa 4K (Kritis, Kreatif, Kolaborasi & Komunikasi). Ketrampilan Literasi dalam bentuk pengusaan Informasi, Media & Teknologi. Serta yang utama adalah Ketrampilan Hidup, yaitu: Kreativitas,  Leadership/kepemimpinan, Inisiatif, Produktifitas serta Kemampuan Sosial.

Demikian banyak bekal yang harus dipersiapkan oleh generasi masa kini. Jika tidak mau mati, maka mereka haruslah Responsif, Adaptif, Kompetitif, Kreatif dan Inovatif. 
----------------
Blomil berkesempatan foto bersama AHY sesaat setelah acara usai
Usai menyampaikan materi, AHY diserbu oleh beberapa pertanyaan dari mahasiswa Euro Management Indonesia PPS (Program Persiapan Studi) S1 angkatan 16 (2019-2020). Acara diakhiri dengan pemberian plakat oleh Bapak Bimo Sasongko, BSAE, MSEIE, MBA, selaku Presiden Direktur & CEO Euro Management Indonesia kepada Bapak Agus Harimurti Yudhoyono serta sebaliknya. Tak lupa ditutup dengan do'a serta foto bersama seluruh peserta Studium General 2019.


#StudiumGenerale2019
@euro.mangement
@blomilofficial



Komentar

Postingan Populer