Tetap Nyaman, Hunian Murah Terjangkau di Tengah Jakarta


Saat diajak mengunjungi Pameran Konstruksi Indonesia 2019 yang berlangsung pada tanggal 6-8 Nopember 2019 di JIExpo Kemayoran kemarin, saya langsung jatuh hati pada sebuah stand yang menawarkan pembangunan rumah siap huni hanya dalam waktu lima hari saja! Koq bisa secepat itu? Apakah ini rumah ala Bandung Bondowoso yang berusaha menyelesaikan tantangan Nyai Roro Jonggrang untuk membangun 1000 candi dalam tempo semalam? Ternyata kuncinya ada pada PERENCANAAN yang matang, MATERIAL yang tepat, serta TEKNIK pengerjaan yang benar, efektif dan efisien!




Penawaran keren ini disampaikan oleh PT Tata Logam Lestari, sebuah perusahaan genteng metal dan baja ringan terbesar di Indonesia, melalui produk andalannya, DOMUS. Teknologi DOMUS adalah teknologi atau sistem pembangunan rumah yang cepat, kuat, indah dan tahan gempa.
---------------------
Uniknya, HUNTARA (Hunian Sementara)  yang dibangun menggunakan teknologi DOMUS  di kawasan bencana, diklaim tidak perlu dibongkar jika ingin diubah menjadi rumah permanen. Cukup dengan cara mengganti material dindingnya menggunakan material yang lebih kokoh (batako / bata / hebel / kayu). Proses pembangunannyapun hanya memakan waktu dua hari per unit rumah. 


Peserta Lomba Membangun Rumah dalam
waktu hanya 10 jam dari propinsi Lampung,
ternyata menggunakan DOMUS REVO sebagai materialnya
Bagaimana dengan rumah hunian yang konon total harganya jauh lebih murah dibandingkan jika menggunakan material biasa? Bagaimana hitung-hitungannya? Ternyata, dengan menggunakan DOMUS, konsumen hanya perlu mengeluarkan anggaran sebesar Rp 2.2 juta / meter persegi. Jika waktu yang dibutuhkan untuk membangun satu unit tempat tinggal tipe 21 hanya lima hari, maka total biaya pembangunan satu rumah hingga siap ditempati tidak sampai 50 juta! 

Sungguh irit biaya dan waktu, sebab paket harga ini sudah termasuk biaya PPN sebesar 10%, berikut ongkos kirim (are Jabodetabek). Asyiknya lagi, kini DOMUS telah menyediakan tiga paket khusus bagi yang tak sabar ingin memiliki hunian idaman, yaitu: 

PAKET RANGKA, meliputi:
rangka praktis, rangka kuda-kuda, rangka plafon dan genteng.

PAKET PUTIH, mencakup:
bata ringan (hebel), roster, keramik. kloset, keran air, jendela, pintu, serta penutup plafon (gypsum  9.9 mm), serta instalasi listrik dan air

PAKET KUMPLIT, terdiri dari paket putih ditambah plesteran dan acian (bagian luar-dalam), berikut pengecatan.



---------------------

Menariknya, saat ini PT Tata Logam telah meluncurkan inovasi terbaru, yaitu DOMUS REVO yang membuat proses pembangunan sebuah rumah menjadi semudah merakit furniture knockdown. Konsumen dapat membangunnya sendiri, karena komponen rumah dikemas terpisah serta diberi label penjelasan secara detil tentang cara merakitnya. Selain itu, rumah dapat dibangun secara cepat, tanpa membutuhkan banyak pekerja karena setiap panel komponen rumah telah dilubangi. Dan yang terpenting, tidak ada bahan bangunan yang terbuang, karena semua telah dihitung secara tepat.
---------------------
Untuk mengakomodir bangunan ukuran besar, seperti sekolah, kandang ayam, lapangan futsal, gedung olahraga, pasar, pabrik ataupun rumahsakit, PT Tata Logam Lestari telah melansir PURIN, profil baja ringan hotensile dengan bentuk kanal C.

Material yang terbuat dari galvanis dengan taburan zinc 180gr/mm2 ini, diklaim awet dalam penggunaan jangka panjang, baik untuk area luar ruangan (outdoor), maupun dalam ruangan (indoor). Dengan yield stress 450 Mpa, kekuatan PURIN mencapai dua kali lipat baja konvensional yang hanya 240 Mpa.

Kerennya lagi, bentangan maksimal tanpa kolong di tengahnya dapat mencapai 30 meter. Tinggi portal hingga 6 meter dengan kemiringan atap 5-25 derajat. Kanal ini dapat diaplikasikan pada bangunan dua lantai.

PURIN juga dapat dipergunakan pada gording dan dudukan ciadding. Pada bagian tengah PURIN dilengkapi sag road, penghubung gordin yang satu dengan gording yang lain dan berfungsi untuk mencegah gording melengkung. Gording sendiri berfungsi sebagai pengikat dengan penutup atap. Karena aplikasinya sangat cepat, maka dapat disebut sebagai BANGUNAN KUAT CEPAT. Hebohnya, produk sekeren ini hanya dibanderol dengan harga Rp 1-1.2 juta/m2 (terpasang). 

---------------------
Walaupun baru dirilis dua tahun, namun respon masyarakat terhadap Rumah Instan Domus (Revo) serta PURIN terbilang bagus. Sepanjang tahun 2018, PT Tata Logam Lestari telah melayani permintaan hingga 3.000 unit rumah di sejumlah wilayah di Indonesia. Tahun ini target penjualan DOMUS diharapkan dapat tumbuh dua kali lipat dibandingkan tahun lalu, apalagi mengingat kapasitas produksi bajanya kini mencapai 15-20 ribu ton per bulan. 

Blomil bersama Bpk Stefanus Koeswandi,
Vice President PT Tata Logam Lestari



Radal, 10'11'19 (00'20)

Komentar

Postingan Populer