Tips Bertransaksi Non Tunai Secara Aman

Ilustrasi 
Saat ini, trend melakukan transaksi bisnis telah beralih dari tunai ke non tunai. Dari pertemuan secara langsung antara penjual dengan pembeli, di mana pembeli dapat melihat, meraba dan merasakan barang yang ditawarkan, menjadi transaksi Online, di mana penjual menawarkan produknya melalui gambar disertai sedikit keterangan di bawahnya, kemudian pembeli memesan serta membayar harga yang disepakati bersama, tanpa perlu bertatap muka.

Selanjutnya, produk akan diantar oleh perusahaan ekspedisi yang khusus melayani pengiriman barang. Jika produk yang dipesan ternyata tidak sesuai dengan kualifikasi yang ditawarkan, pembeli dapat melakukan komplain, dan penjual wajib memberikan pelayanan purna jual yang prima.

Sungguh praktis memang. Semua transaksi dapat dilakukan dalam genggaman tangan. Namun, ternyata aneka kemudahan ini membuka banyak celah bagi para pelaku kejahatan. Mulai dari penjual yang dari awal sudah beritikad tidak baik, misalnya mengirimkan produk yang ternyata tidak sesuai dengan yang ditawarkan, lamanya respons yang diberikan, produk diterima dalam keadaan rusak karena pengemasan yang kurang baik, hingga barang yang tak kunjung dikirim.

Sedangkan dari pihak konsumen atau pembeli, banyak juga ditemukan konsumen nakal yang memesan barang dalam jumlah tertentu, namun saat barang sudah diterima ada saja alasan untuk tidak membayarnya. Hal ini tentu saja membuat penjual menjadi kesal dan merugi.

Jika Anda termasuk pelanggan setia toko-toko Online, atau bahkan Anda pelaku bisnis Online, silakan perhatikan lima TIPS BERTRANSAKSI NON TUNAI SECARA AMAN ini:

  1. 1Pilih toko Online yang sudah terkenal reputasinya, baik dari segi produk maupun pelayanan purna jualnya. Anda dapat melihat melalui komentar ataupun status pelanggan toko Online tersebut.
  2. Bertanyalah secara mendetail tentang produk yang Anda inginkan. Jangan seperti membeli kucing dalam karung, jika Anda tidak ingin terjebak dan mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan harapan.
  3. Sebagai pembeli yang bertanggungjawab, segeralah lakukan pembayaran sesuai kesepakatan bersama.
  4. Jika Anda penjual, berkomunikasilah secara aktif dengan pembeli. Jangan sampai pembeli menunggu pesanannya terkirim tanpa ada kepastian.
  5. Lakukan pelayanan purna jual sesuai yang diharapkan pembeli. Siapa tahu ia akan terkesan dengan keramahan Anda dan bermaksud untuk menjadikan toko Anda sebagai toko langganan. Bisa jadi pula, ia akan mengajak teman dan saudaranya berbelanja di toko Anda.

Selamat mempraktikkan berbelanja dan berjualan Online, serta perhatikan selalu TIPS BERTRANSAKSI NON TUNAI SECARA AMAN. (*)

Komentar

Postingan Populer