Tiga Tips Jitu Raih Suksesmu!

ilustrasi: entrepreneurrumahan.com
Berkali-kali gagal, itu sudah biasa. Namun berkali-kali gagal kemudian berkali-kali bangun tanpa pernah ada kata menyerah, itu baru luar biasa! Istilah kerennya “Try & Error”. Coba,coba dan coba terus, hingga keberhasilan itu tiba.

Thomas Alpha Edison, sang penemu bola lampu modern saja melakukan ribuan kali percobaan, sebelum akhirnya berhasil mematenkan temuannya tersebut.

Sejatinya, kegagalan adalah sukses yang tertunda. Seringkali seseorang menyerah kalah di tengah jalan dan mengaku gagal, tanpa menyadari bahwa keberhasilan telah menanti di tikungan berikutnya. Sayang sekali, kan?

Ada tiga tips jitu dalam meraih kesuksesan, sebagaimana yang senantiasa didengung-dengungan Indari Mastuti, sang pemilik Indscript Manajemen

Belajar dari pengalaman jatuh bangunnya dalam berbisnis, akhirnya ditemukan sebuah formula tepat untuk mengatasi kegagalan (catatan: disarikan dari berbagai sumber), yaitu:

Pertama tetapkan NIAT, meliputi visi-misi serta target dan tujuan pencapaian sebuah usaha. Tuliskan besar-besar dalam sebuah vision board dan visualisasikan impian tersebut. Letakkan di tempat yang paling sering dilihat, sebagai pengingat bagi diri sendiri maupun orang lain yang akan selalu mengingatkan pencapaian mimpi-mimpi itu.

Kedua, mulailah dengan bersungguh-sungguh. Uraikan TARGET pencapaian dalam bentuk S.M.A.R.T (Spesifik, Terukur, Dapat dicapai, Relevan dan Berdasarkan waktu). Semua dapat dilakukan jika mempunyai  KOMITMEN, KONSISTENSI serta KEDISIPLINAN yang tinggi.

Ketiga, akhiri selalu dengan EVALUASI. Seringkali seseorang mengabaikan evaluasi dan menganggap pencapaiannya telah cukup baik. Padahal jika dikaji lebih jauh, ternyata dapat dilakukan dengan cara lebih efisien, berbiaya lebih murah, ataupun memerlukan waktu lebih sedikit. Itulah pentingnya evaluasi.  

Ada sebuah perangkat pencatat pencapaian target yang digagas oleh Indari Matuti, sang founder IIDN(Ibu-Ibu Doyan Nulis) dan IIDB (Ibu-Ibu Doyan Bisnis), berupa tabel-tabel yang berisikan target, pencapaian dan utang. Perangkat itu berupa METRICS PENULISAN

Banyak hal dapat dilakukan menggunakan Metrik ini, bukan hanya untuk menentukan kegiatan harian seorang penulis ataupun pebisnis, namun juga dapat digunakan untuk berbagai hal positif lainnya. Misal, untuk mencatat kemajuan hafalan qur’an seseorang, dan lain sebagainya.

Semoga sukses segera diraih jika menerapkan ketiga tips jitu tersebut, serta mencatatnya dalam perangat metriks penulisan. Aamiin... 
-------------

RaDal, 011014 (01’10)  

Komentar

Postingan Populer