Lima Tips menjadi Sales Sukses
Tahukah anda, bahwa setiap manusia berpotensi menjadi sales,
dan 90% pekerjaan di dunia ini, berhubungan dengan dunia sales marketing alias
penjualan dan perdagangan.
Tidak percaya? Coba perhatikan, bagaimana setiap hari kita
berusaha berpenampilan rapi, bertutur bahasa halus serta bersikap sportif, kala
berhubungan dengan orang lain. Itu salah satu point penting dalam dunia
marketing. Tanpa disadari, kita “menjual” diri kita, sehingga orang lain
tertarik dan memperhatikan setiap perkataan ataupun tindakan yang kita ambil.
Ada lima hal penting yang harus dimiliki setiap personal
yang bergerak di bidang salesmarketing, berupa kemampuan mengendalikan emosi,
yaitu:
1. Ketegasan (Assertif)
Pendekatan secara asertif (tegas), berupa kemampuan mengatur kondisi untuk
menutup penjualan tanpa memaksa pelanggan secara terburu-buru.
2. Kesadaran
akan diri sendiri (Self-Awareness)
Identifikasikan emosi anda dan kemudian manfaat emosi
tersebut dalam membangun hubungan dengan pelanggan.
3. Empati (Empathy)
Berusahalah merasakan apa yang dirasakan oleh pelanggan,
dimulai dari mendengar dan mengamati.
4. Penyelesaian
masalah (Problem Solving)
Keinginan untuk menyelesaikan sebuah masalah dapat membantu
menciptakan cara-cara baru untuk memuaskan kebutuhan pelanggan, baik secara
finansial maupun secara emosional
5. Optimisme
(Optimism)
Sikap optimis, akan mampu membantu mempertahankan
keseimbangan, ketika banyak hal berlangsung tidak sesuai rencana.
Lima hal tersebut, sangat dikuasai oleh Vanya Sunanto, VP of
Sales dari Touchpoint. Vanya, begitu biasa ia disapa, mengungkapkan bahwa kini
salah satu tanggungjawab terbesarnya adalah memperkenalkan Touchpoint sebagai
sebuah produk yang dapat menjadi solusi lengkap bagi kebutuhan klien-kliennya.
Selain itu ia juga bertanggungjawab untuk memastikan penjualan Touchpoint serta
menjaga relasi yang baik dengan klien-kliennya. Bagi Vanya, semuanya adalah
tantangan yang dapat ditaklukkan.
“Saya yakin produk mutakhir seperti Touchpoint dapat
diterima dengan baik oleh para pelanggan, karena Touchpoint adalah produk
lengkap dengan teknologi terbaik yang tiada tandingannya pada produk sejenisnya
di Indonesia.” Vanya berkomentar. “Target terdekat kami di 2014 ini adalah
menempatkan 100 mesin di 10 pusat perbelanjaan terdepan di Jakarta.”
Komentar tersebut jelas membuktikan keyakinan Vanya bahwa ia
hendak menaklukkan tantangan baru di posisinya yang sekarang. Nama-nama besar
seperti Unilever Group (Sunsilk, Clear, Dove, dll), P&G (Olay, SKII, dll),
Estee Lauder, Clinique, L’Oreal, Lancome, Banana Republic, Acer, Samsung,
Nokia, hingga Mizone yang pernah ia kelola sebagai klien adalah bukti bahwa ia
dapat menaklukkan tantangan yang ditawarkan kepadanya.
Dengan menerapkan lima prinsip dalam mengendalikan emosi
tersebut, Vanya beranggapan bahwa sales marketing adalah dunia penuh tantangan
yang menyenangkan.
Radal (26’06’14)_03.57
Komentar
Posting Komentar