Inilah Tiga Kunci Sukses Membangun Bisnis

ilustrasi: id.techinasia.com
Dunia bisnis saat ini mulai diramaikan dengan kehadiran kaum muda yang kreatif, inovatif, penuh semangat dan mendedikasikan diri sepenuhnya untuk kemajuan bisnis yang digeluti. 

Mereka memulai dari nol, bukan sekedar mewarisi perusahaan orangtua ataupun kakek mereka. Mereka mempunyai kesamaan visi dan misi, ambisius, senantiasa belajar dan berani mengambil keputusan ekstrim sekalipun. Mereka memulai kala masih duduk di bangku kuliah, bahkan di bangku sekolah...

Inilah dunia kaum muda... dunia penuh vitalitas dan kreatifitas.
-------------------------
Berbagai ide bisnis yang semula tak terpikirkan, berhasil diwujudkan hingga kemudian tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan dengan banyak lini usaha. 

Tak terkecuali bagi dua anak muda yang memulai bisnis dari passion yang mereka miliki ini...

Sebutlah nama Soedianto Oei, maka otomatis akan terhubung dengan nama sebuah perusahaan penyedia jasa layanan internet (ISP/Internet Service Provider), HyperNet. Berawal dari sebuah warnet di tahun 1998, kemudian berkembang hingga kini menjadi sebuah perusahaan ISP yang melayani 1000 pelanggan, terdiri dari perusahaan, warnet dan perumahan.

Demikian pula dengan Stefie’s House of Creatifity (SHOC), sebuah pusat kreatifitas seni yang didirikan oleh Stefi Siera Ngangi pada tahun 2006, di saat usianya 18th. Kini selain mengelola SHOC, Stefi mengembangkan sayap bisnisnya dengan mendirikan Kiwikids Preschool  Kindergarden dan Kiwi School.

Kedua anak muda ini mempunyai kesamaan utama, yaitu memulai bisnis ketika masih sangat muda serta bisnis tersebut berawal dari passion (ketertarikan yang sangat) yang mereka miliki. Bedanya, passion Apin –nama panggilan Soedianto Oei- di bidang IT, sedangkan passion Siera di bidang seni, terutama seni tari dan modeling.
-------------------------
Menurut Michael Thomas ,  ada tiga kunci sukses dalam membangun sebuah bisnis, yaitu:

HUSTLER, dia adalah orang yang bertanggungjawab dalam pengembangan bisnis perusahaan. Saat memulai bisnis, seorang hustler haruslah mengetahui apa yang diinginkan oleh pasar.

Dia harus mencari tahu tentang: Customer Development, Produk Management, Selling, Blogging dan Recruiting.

HIPSTER, alias Desainer, haruslah seseorang yang mengerti disain serta mampu mencitrakan perusahaan sebagai sebuah brand yang keren.

Dia juga harus mampu membuat landing page, product design, design testing, branding dan tecnical.

HACKER. Dialah yang bertanggungjawab dalam hal teknologi. Kecintaan yang mendalam terhadap dunia programing, menyebabkannya harus senantiasa memikirkan produk...produk dan produk

Carilah hacker yang mau serta memiliki tekad kuat, untuk selalu tumbuh dengan perusahaan yang sedang dirintis.
-------------------------
Demikianlah ketiga kunci sukses membangun sebuah bisnis. Kesemua komponen tersebut harus saling bersinergi. Walaupun pada awal mampu dikerjakan sendiri, berdasarkan passion yang dimiliki, seperti yang dilakukan oleh Apin dan Siera di awal berdirinya perusahaan mereka, pada akhirnya mereka menyerahkan tanggungjawab tersebut kepada ahlinya, sesama kaum muda tentunya.

Jika ketiga unsur pendukung berdiri dan berkembangnya sebuah perusahaan baru tersebut dipraktekkan, dijamin tak sampai sepuluh tahun ke depan, akan semakin banyak perusahaan yang owner alias pemiliknya kaum muda usia < 40 tahun.

Komentar

Postingan Populer