Inilah Tiga Kunci Sukses Membangun Bisnis
![]() |
ilustrasi: id.techinasia.com |
Dunia bisnis saat ini mulai diramaikan dengan kehadiran kaum
muda yang kreatif, inovatif, penuh semangat dan mendedikasikan diri sepenuhnya
untuk kemajuan bisnis yang digeluti.
Mereka memulai dari nol, bukan sekedar
mewarisi perusahaan orangtua ataupun kakek mereka. Mereka mempunyai kesamaan
visi dan misi, ambisius, senantiasa belajar dan berani mengambil keputusan
ekstrim sekalipun. Mereka memulai kala masih duduk di bangku kuliah, bahkan di bangku sekolah...
Inilah dunia kaum muda... dunia penuh vitalitas dan
kreatifitas.
-------------------------
Tak
terkecuali bagi dua anak muda yang memulai bisnis dari passion yang mereka
miliki ini...
Sebutlah nama Soedianto Oei, maka otomatis akan terhubung
dengan nama sebuah perusahaan penyedia jasa layanan internet (ISP/Internet
Service Provider), HyperNet. Berawal dari sebuah warnet di tahun 1998, kemudian
berkembang hingga kini menjadi sebuah perusahaan ISP yang melayani 1000
pelanggan, terdiri dari perusahaan, warnet dan perumahan.
Demikian pula dengan Stefie’s House of Creatifity (SHOC),
sebuah pusat kreatifitas seni yang didirikan oleh Stefi Siera Ngangi pada tahun
2006, di saat usianya 18th. Kini selain mengelola SHOC, Stefi mengembangkan
sayap bisnisnya dengan mendirikan Kiwikids Preschool Kindergarden dan Kiwi School.
Kedua anak muda ini mempunyai kesamaan utama, yaitu memulai
bisnis ketika masih sangat muda serta bisnis tersebut berawal dari passion
(ketertarikan yang sangat) yang mereka miliki. Bedanya, passion Apin –nama panggilan
Soedianto Oei- di bidang IT, sedangkan passion Siera di bidang seni, terutama
seni tari dan modeling.
-------------------------
Menurut Michael Thomas , ada tiga kunci sukses dalam membangun sebuah
bisnis, yaitu:
HUSTLER, dia
adalah orang yang bertanggungjawab dalam pengembangan bisnis perusahaan. Saat
memulai bisnis, seorang hustler haruslah mengetahui apa yang diinginkan oleh
pasar.
Dia harus mencari tahu tentang: Customer Development, Produk
Management, Selling, Blogging dan Recruiting.
HIPSTER, alias
Desainer, haruslah seseorang yang mengerti disain serta mampu mencitrakan perusahaan
sebagai sebuah brand yang keren.
Dia juga harus mampu membuat landing page, product design,
design testing, branding dan tecnical.
HACKER. Dialah
yang bertanggungjawab dalam hal teknologi. Kecintaan yang mendalam terhadap
dunia programing, menyebabkannya harus senantiasa memikirkan produk...produk
dan produk
Carilah hacker yang mau serta memiliki tekad kuat, untuk selalu tumbuh dengan perusahaan yang sedang dirintis.
-------------------------
Demikianlah ketiga kunci sukses membangun sebuah bisnis.
Kesemua komponen tersebut harus saling bersinergi. Walaupun pada awal mampu
dikerjakan sendiri, berdasarkan passion yang dimiliki, seperti yang dilakukan oleh Apin dan Siera di awal berdirinya perusahaan mereka, pada akhirnya mereka menyerahkan tanggungjawab tersebut kepada ahlinya, sesama kaum muda tentunya.
Jika ketiga unsur pendukung berdiri dan berkembangnya sebuah
perusahaan baru tersebut dipraktekkan, dijamin tak sampai sepuluh tahun ke
depan, akan semakin banyak perusahaan yang owner alias pemiliknya kaum muda
usia < 40 tahun.
Komentar
Posting Komentar